Pernah berpikir untuk liburan ke Australia tapi tertunda karena biayanya yang terkesan mahal? Well, jika berbicara soal pengeluaran saat traveling, sebenarnya ada banyak cara untuk mengakalinya! Sounds like a hard fact to swallow? Berikut kami rangkum tipsnya:

1. Menginap di Hotel Kapsul

liburan ke Australia

Interior dari The Capsule Hotel di Sydney. (Sumber gambar: Booking.com)

Layaknya di Jepang, ternyata Australia juga menyediakan banyak pilihan hotel kapsul yang cukup affordable. The Capsule Hotel yang berlokasi di Kota Sydney salah satunya! Biasanya, harga tempat penginapan di area ibu kota Australia bisa mencapai IDR 1.500.000 per malamnya. Nah, hotel kapsul ini memberikan solusi untuk on budget traveler dengan biaya sewa hanya sekitar IDR 500.000 per malam. Cukup murah, bukan?

Lokasi: Level 3/640 George St, Sydney NSW 2000, Australia.

Website: The Capsule Hotel. 

2. Hindari Belanja di Touristy Areas

Area yang penuh dengan turis. (Sumber gambar: IStock)

Sudah bukan rahasia lagi kalau jalan-jalan di area yang penuh dengan wisatawan asing, kamu akan dikenakan “biaya turis”, which is quite expensive. Umumnya, di area ramai seperti ini biaya trasnportasi, tiket masuk wisata, sampai tempat perbelanjaan dan restoran bisa mencapai 2 kali lipat dari harga normalnya, lho! Maka dari itu, jika ingin berhemat saat liburan di Negeri Oz, coba hindari makan atau belanja di area yang ramai turis, ya. Selain nggak perlu berdesak-desakan, juga dijamin lebih murah, deh!

(Baca juga: 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Liburan ke Australia!)

3. Hindari Menggunakan Taksi

liburan ke australiaMungkin beberapa dari kalian sudah pernah mendengar tips yang satu ini. Well, memang benar, tarif taksi di Australia bisa mencapai  3 kali lipat lebih mahal jika dibandingkan dengan di Jakarta. Nggak mau kan uang yang sebenarnya bisa kamu pakai untuk mengunjungi objek wisata, malah terkuras oleh tarif transportasi? Yuk, coba untuk menggunakan transportasi umum yang nyaman dan aman di sini!

4. Sightseeing

liburan ke australia

Indahnya Royal Botanic Gardens di Australia. (Sumber gambar: IStock)

Good news for you, karena Australia menyediakan begitu banyak objek wisata indah yang nggak dipungut biaya sepeser pun. Sebut saja Royal Botanic Gardens dengan pemandangan taman yang dipenuhi bunga indah dan sering menjadi spot untuk piknik. Pilihan lainnya, kamu bisa sightseeing di sekitar area Syndey Opera House atau Sydney Harbour Bridge. It’s actually can be quite relaxing!


Siapa bilang liburan ke Australia harus selalu mengeluarkan uang banyak? Yuk, ikuti 4 tips di atas dan buat liburanmu jadi lebih hemat!

Facebook Comments